Program KOTAKU Kabupaten Madiun

Program KOTAKU Kabupaten Madiun


Breaking


PROGRAM KOTA TANPA KUMUH ( KOTAKU ) KABUPATEN MADIUN PROPINSI JAWA TIMUR • Tujuan program adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan • Lokasi Pendampingan Program Kotaku berada di Kecamatan Jiwan ( 14 Desa ) : Bukur, Bibrik, Bedoho, Grobogan, Jiwan, Kincang Wetan, Klagen Serut, Kwangsen, Metesih, Ngetrep, Sambirejo, Sukolilo, Teguhan, dan Wayut

Tuesday, October 20, 2020

LKM SEJAHTERA MANDIRI “ BERBAGI DI MASA PANDEMI “

 Oleh :

Sahabat Ali ( SF Madiun )


Sifat manusia yang beraneka ragam tidak akan bisa menyelesaikan suatu masalah bila tidak terbentuk suatu kebersamaan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh adat istiadat,lingkungan dan kenyakinan masing-masing. Terkadang dengan keaneka ragaman bisa menyebabkan manfaat  tapi tak jarang dengan keaneka ragaman malah menjadi masalah dalam penyelesaian. Dengan kebersamaan dan menyatukan suatu pendapat juga menghargai pendapat orang lain, penyelesaian akan terbentuk dengan sendirinya.

Permasalahan masa sekarang banyak terjadi dikarenakan tidak stabilnya perekonomian nasional yang di sebabkan masa Pandemi Covid – 19 di rasa tidak menentu waktunya, bahkan semakin berlarut larut dan tidak Jelas kapan berakhirnya, hal ini mengakibatkan naiknya harga kebutuhan primer dan sekunder. Kenaikan harga terjadi disetiap kebutuhan, semisal kebutuhan pokok yaitu masalah kosumsi/makan kesehari-harianya. Sulitnya mencari lapangan pekerjaan di masa Covid – 19 ini juga mempengaruhi ketidak berdayaan dalam menjalankan kehidupan yang wajar. Perubahan sikap dan kepribadian mulai terasa dimana mana. Untuk memenuhi kebutuhanya akan timbul pemikiran yang tidak baik dan bersifat instan. Banyak perubahan prilaku menyimpang masyarakat untuk tetap menjalankan kehidupanya, yang lebih parah lagi ada sebagian dari saudara kita yang  mengatakan ….Cari yang haram aja susah apalagi yang halal….

Dengan melihat kenyataan tersebut PK LKM Sejahtera Mandiri Desa Kwangsen Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun melakukan tindakan nyata untuk membantu mengurangi keterpurukan permasalahan yang terjadi di masa Pandemi Covid – 19 saat ini, maka PK BKM tergerak untuk sedikit meringankan beban warga masyarakat Desa Kwangsen khususnya warga miskin yang secara langsung terkena dampak dari adanya Covid – 19 ini, dengan jalan menyepakati hasil laba bersih UPK Sebesar Rp 3.600.000 untuk di gunakan untuk menyantuni warga yang terdampak Covid – 19. Pemberian santunan di wujudkan dalam bentuk memberikan bahan makanan pokok berupa Beras, Minyak, Mie Instan dan Gula.

Kegiatan santunan dilaksanakan secara transparan baik terkait dengan jenis santunan dan penerima manfaatnya. Penentuan penerima manfaat adalah hasil koordinasi dengan pihak pemerintah desa, diharapkan penerima manfaat tidak tumpang tindih. Berdasarkan kesepakatan PK LKM, KSM maka di sepakati pada hari Selasa tanggal 20 Oktober 2020 bertempat di Balai Desa Kwangsen di adakan acara pemberian Santunan kepada Warga Miskin yang terdampak pandemi Covid – 19, acara yang mengakomodir 36 warga miskin tersebut juga di hadiri oleh Dinas Permukiman dan Perumahan Kabupaten Madiun, Kepala Desa Kwangsen, Koordinator LKM Sejahtera Mandiri beserta Anggota dan juga Askot Mandiri beserta jajaran Tim Faskel Kabupaten Madiun.


Acara pemberian santunan tersebut di awali dengan sambutan Bapak Markaban Selaku Koordinator LKM Sejahtera Mandiri, dalam sambutannya beliau berharap kepada warga masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan tidak lupa mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah. Kegiatan santunan ini adalah hasil dari laba bersih UPK tahun 2019 yang berkembang di Desa Kwangsen, oleh karena itu jika ada tetangga bapak ibu yang menunggak tolong di ingatkan”, tutur pak markaban.

Dinas PKP Kabupaten Madiun dalam Sambutanya yang dalam hal ini di wakili oleh Bapak Imam beliau juga mengharapkan bahwa dimasa Pandemi Covid – 19 Seperti ini agar masyarakat senantiasa menjaga kesehatan dengan tetap hidup bersih dan sehat, “ Sekali lagi Kami mewakili Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Madiun sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, semoga kegiatan seperti ini mampu meringankan beban warga di tengah kesulitan menghadapi masa – masa sulit di tengah wabah Pandemi Covid – 19 “ Pungkas Pak Imam di akhir sambutan Beliau.


Di samping itu Bapak Budiyanto selaku Kepala Desa Kwangsen juga ikut memberikan semangat kepada teman – teman PK LKM Sejahtera Mandiri dan jajarannya, dalam sambutanya Kepala Desa juga sangat mengapresiasi dan mengucapkan beribu - ribu terimakasih kepada teman – teman LKM dan juga UPK desa Kwangsen yang mana di masa seperti ini masih sempat memikirkan warga yang kurang beruntung, padahal teman – teman LKM selama ini hanya sebagai relawan yang tidak mendapatkan apa – apa. “ Saya mewakili Pemerintah Desa Kwangsen, akan senatiasa mendukung program – program teman – teman LKM, khususnya kegiatan perguliran UPK, mohon jangan segan – segan menyampaikan segala permasalahan yang di hadapi oleh LKM, kami akan membantu semampu kami “, Ucap beliau mengawali sambutanya.

Acara santunan tersebut di akhiri dengan penyerahan santunan secara simbolis yang di lakukan oleh Bapak Imam mewakili Dinas PKP Kab. Madiun, kemudian di lanjutkan penyerahan oleh Kepala Desa Kwangsen, Asman Kabupaten Madiun, dan terakhir oleh Bapak Markaban selaku Koordinator LKM Sejahtera Mandiri kepada 4 orang perwakilan penerima manfaat. 
Secara terpisah di temui di sela – selan acara pemberian santunan tersebut Mas Endra selaku Asman Kabupaten Madiun menyampaikan bahwa kegiatan santunan dari laba bersih UPK adalah wujud kontribusi LKM dalam membantu warga miskin yang terdampak Covid-19,“ saya sangat berterima kasih kepada LKM yang turut berperan dan berkontribusi secara nyata melaui kegiatan santunan kepada warga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19 dari laba bersih UPK tahun 2019, dan saya berharap kepada teman – teman faskel untuk senantiasa mendampingi dan memberikan penguatan kepada LKM secara continue , pungkas Mas Endra

2 comments:


  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong, bandar66, perang bacarat dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)
    WA;+855969190856

    ReplyDelete