Program KOTAKU Kabupaten Madiun

Program KOTAKU Kabupaten Madiun


Breaking


PROGRAM KOTA TANPA KUMUH ( KOTAKU ) KABUPATEN MADIUN PROPINSI JAWA TIMUR • Tujuan program adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan • Lokasi Pendampingan Program Kotaku berada di Kecamatan Jiwan ( 14 Desa ) : Bukur, Bibrik, Bedoho, Grobogan, Jiwan, Kincang Wetan, Klagen Serut, Kwangsen, Metesih, Ngetrep, Sambirejo, Sukolilo, Teguhan, dan Wayut

Monday, May 20, 2019

Bentuk Kepedulian LKM Bangkit Bersama

Dulur.....LKM Bangkit Bersama Desa Klagen Serut Kec. Jiwan Kabupaten Madiun mengadakan acara berbagi di tengah bulan ramadhan dengan memberikan santunan kepada Lansia yang kurang mampu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2019 bertempat di balai desa Klagen Serut dengan jumlah penerima manfaat 23 Orang yang telah dilaksanakan oleh KSM Berkah Mulya. Alokasi dana yang di berikan LKM ke KSM Berkah Mulya dari Laba Bersih UPK untuk kegiatan tersebut adalah sebesar Rp. 6.750.000. Kegiatan Santunan kepada lansia kurang mampu ini dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Desa Klagen Serut, LKM, KSM Berkah Mulya, Penerima Manfaat serta tim fasilitator madiun 1 Kabupaten Madiun. 

Acara pemberian santunan kepada lansia kurang mampu di buka oleh Bapak Purwoko selaku Koordinator LKM Bangkit Bersama Desa Klagen Serut, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan " bahwa kegiatan ini adalah hasil dari alokasi laba bersih UPK tahun 2018, laba bersih ini dihasilkan dari kegiatan pinjaman bergulir  tentunya besar harapan kami kegiatan pinjaman bergulir dapat berkembang lebih baik lagi  ". Kegiatan Santunan kepada lansia kurang mampu tentunya yang tidak produktif dilaksanakan bertujuan untuk membantu lansia dalam mencukupi kebutuhan pokok. Bentuk santunan ini oleh KSM Berkah Mulya sebagai pelaksana kegiatan di wujudkan dalam bentuk sembako.  

Dulur....kegiatan pinjaman bergulir di desa klagen serut berkembang dengan baik, dari modal awal dari Bantuan Langsung Masyarakat  sebesar Rp. 73.500.000 telah berkembang dan menjadi Asset UPK per maret 2019  sebesar Rp. 159.887.176  sampai dengan bulan maret 2019 pinjaman yang beredar di masyarakat sebesar Rp. 135.040.000. Adapun tingkat pengembalian pada bulan maret 2019 mencapai 100%  dengan Portofolio At Risk ( PAR ) atau pinjaman yang tertunggak sebesar 0% artinya tidak ada pinjaman yang tertunggak > 3 bulan. Dapat disimpulkan bahwa kesehatan pinjaman bergulir pada bulan maret tahun 2019 UPK LKM Bangkit Bersama Desa Kalagen Serut dalam kondisi " Sehat ".

Kesimpulannya, bahwa Kegiatan Pinjaman Bergulir dapat berdampak positif di masyarakat selain untuk membantu masyarakat dalam peningkatan modal kerja , pengurangan kekumuhan melalui alokasi laba bersih untuk kegiatan infrastruktur juga berdampak pula dalam membantu masyarakat miskin yang tidak produktif untuk mencukupi kebutuhan pokok melalui bantuan santunan.

Sekian dulu dulur......semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi pembaca, Salam Seduluran dari kami Tim Fasilitator Kabupaten Madiun.





No comments:

Post a Comment